Bagian-bagian didalam Sebuah Kompressor

Tugas utama kompresor adalah meningkatkan tekanan refrigeran dengan cara mentransfer refrigeran dari evaporator yang bertekanan rendah ke kondensor yang bertekanan tinggi. Kompresor mengurangi volume zat pendingin yang meningkatkan tekanan dan suhunya.

Dalam kompresor, ada mekanisme yang berbeda yang bisa kita gunakan untuk menurunkan volume. Mekanisme yang berbeda inilah yang menentukan berbagai jenis kompresor yang ada. Hal yang bisa mengurangi volume dapat kita lakukan dengan :

  • Menggunakan piston untuk menekan ruang
  • Memutar piston

Dalam memaksimalkan tugasnya, tentu kompressor memiliki komponen-komponen didalamnya yang memiliki fungsinya masing-masing.

Pipa Inlet dan Outlet

Pipa masuk dan keluar berfungsi untuk membawa refrigeran masuk dan keluar dari kompresor. Dalam siklus refrigerasi, perlu di ingat bahwa aliran refrigeran dari evaporator ke kompresor melalui saluran hisap atau dapat kita sebut sebagai pipa saluran masuk. Ketika refrigeran memasuki kompresor itu adalah uap bertekanan rendah. Kemudian setelah kompresor meningkatkan tekanannya yang kemudian menjadi uap bertekanan tinggi, maka akan disalurkan melalui pipa outlet atau pipa keluar yang ditujukan dari kompresor menuju kondensor kemudian mengalir melalui saluran pembuangan.

Motor

Fungsi daripada motor disini adalah untuk menyalakan kompresor dengan cara merubah listrik menjadi putaran mekanis di kompresor. Tergantung pada jenis kompresornya, mekanisme yang digunakan untuk menaikkan tekanan akan berbeda.

Crankcase (Bak Mesin)

Bak mesin kompresor mempunyai fungsi bagaikan wadah yang mengmpulkan minyak refrigeran (oli kompresor) dalam sistem pendingin. Saat sistem tidak bekerja, refrigeran dan oli refrigeran tidak memiliki gaya atau tekanan apa pun yang bekerja padanya dan secara alami akan mengalir ke tempat yang tekanannya paling kecil.

Dapat kita visualisasikan atau bayangkan pada saat kita bermain jugling pada bola menggunakan kedua tangan kita, dimana tangan kita menggerakkan bola keudara dengan cara melingkar dan ketika kita berhenti melempar maka bola akan terjatuh kelantai dan ini kita sebut sebagai gaya gravitasi.

Hal ini berlaku seperti ketika sistem refrigerasi tidak bekerja maka oli refrigeran akan mengalir ke tempat yang tekanannya lebih rendah. Tempat tekanan terendah dirancang berada di bak mesin.

Tekanan oli di bak mesin lebih rendah dari tekanan refrigeran, itulah sebabnya mengapa refrigeran akan bemigrasi ke bak mesin. Untuk menegaskan kembali, oli refrigeran akan berpindah ke bak mesin di kompresor karena itu adalah tempat tekanan terendah pada sistem kompresor. Bak Mesin/Crankcase bertugas mengumpulkan oli agar tidak bocor keluar.

Housing (Rumah Kompressor)

Housing (rumah) merupakan bagian yang berisi seluruh dari komponen yang kita jabarkan diatas. Housing (rumah) ini berfungsi untuk melindungi komponen dari elemen luar dan mencegah kebocoran.