Let’s Talk About Chilled Water System!

chilled-water-unit

Kehadiran Chilled Water System untuk Pertama Kalinya

Chilled Water System pertama kali ditemukan oleh Willis Carrier pada 1920. Pada 1926, Carrier berhasil membuat 1st Centrifugal Chiller yang biasa digunakan untuk menyediakan AC dalam ukuran besar seperti untuk sebuah bangunan.

Sejak saat itu, kian hari kian banyak inovasi yang terjadi pada Chilled Water System, hingga kini Chilled Water System hadir dengan tipe yang sangat beragam. Meski demikian, bagaimanapun dan seperti apapun hasil inovasi terhadap tipe dari Chilled Water System, tujuan dari Chilled Water System tetap sama, yaitu: “to remove heat from water” atau dengan kata lain untuk menghilangkan panas dari air.

 

Cara Kerja Chilled Water System

Banyak iklim yang tidak mempunyai cuaca. Beberapa tempat di berbagai belahan dunia bisa mengalami panas sepanjang tahun, namun bukan berarti sisi dalam dari bangunan akan terasa sama panasnya seperti yang dirasakan ketika berada diluar bangunan.

Ketika temperatur diluar bangunan bisa mencapai lebih dari 100 F, temperatur didalam ruangan bisa terasa senyaman 74 F. Hal ini merupakan proses yang dihasilkan dari kerja Chilled Water System.

Chilled Water System biasanya digunakan untuk bangunan dengan ukuran medium atau besar. Chilled Plants bertindak sebagai sistem pendingin sentral yang menyadiakan pendingin untuk keseluruhan bangunan atau bahkan untuk bangunan berjajar (multiple building).

Hal tersebut dikarenakan dalam beberapa hal akan lebih praktis untuk mensentralkan elemen AC pada satu lokasi, dibandingkan dengan menginstal banyak elemen AC di banyak tempat berbeda.

Dengan tujuan untuk mempermudah akses tim untuk melaksanakan pemeliharaan, Chilled Water System dengan ukuran besar ternyata dapat menyediakan efisiensi energi yang lebih besar dibandingkan Chilled Water System yang berukuran lebih kecil atau yang biasa disebut dengan individual system.

 

Cara Kerja Dasar Chilled Water System

Chilled Water System bekerja dengan menyediakan pendingin bagi sebuah bangunan dengan menggunakan Chilled Water untuk menyerap panas dari ruangan yang ada pada suatu bangunan. Pada bagian inti dari Chilled Water System, ‘chiller’ atau pendingin bekerja dengan menghilangkan panas dari air melalui siklus pendinginan atau yang disebut juga dengan Refrigation Cycle.

Highlight: Chillers use the refrigeration cycle to remove heat from chilled water.

Siklus pendinginan Chilled Water System bekerja dengan menghilangkan panas dari air dingin yang ada di Evaporator Chiller. Kompresor inilah yang menggerakkan seluruh proses yang terjadi. Kompresor ini juga yang menggunakan energi paling banyak dalam proses kerja Chilled Water System. Pada Condenser Chiller, panas dipindahkan ke air Condenser atau secara langsung ke udara di luar ruangan.

 

Chilled Water Loop

Chilled Water System terdiri dari pipa dan pompa yang bertugas untuk memindahkan air dingin di sekitar bangunan. Chilled Water Pump (CHWP) mendorong air dingin melalui chiller dan saluran air dingin yang berada di sekitar bangunan.

Air dingin yang dikeluarkan oleh chiller disebut Chilled Water Supply (CHWS) atau pasokan air dingin. Suhu Chilled Water Supply atau pasokan air dingin biasanya berada pada 45 ° F.

Pasokan air dingin dipompa melalui chiller ke berbagai unit pendingin udara gedung seperti Air Handling Units (AHUs) dan Fan Coil Units (FCUs);

  1. Dalam AHU dan FCU, air dingin dilewatkan melalui koil penukar panas untuk mengurangi suhu pada koil.
  2. Sementara koil penukar panas didinginkan oleh air dingin, kipas meniupkan udara melalui koil untuk memberikan udara dingin ke ruang yang ada dalam gedung. Persediaan temperatur udara yang dihembuskan dari AHU dan FCU biasanya berkisar pada 55 ° F.
  3. Setelah keluar dari koil penukar panas, Chilled Water Return (CHWR) dikembalikan ke chiller untuk didinginkan kembali, dimana proses tersebut akan terjadi secara berulang.

Beberapa konfigurasi pendingin Water Cooling System (WCP) sangat lah sederhana, sementara yang lain lebih kompleks:

  • Konfigurasi pendingin Water Cooling System (WCP) sederhana dapat terdiri dari satu chiller dan satu pompa.
  • Konfigurasi pendingin Water Cooling System (WCP) yang lebih kompleks biasanya terdiri dari beberapa chiller, banyak pompa, beberapa menara pendingin, beberapa penukar panas, dan berbagai macam katup untuk mengarahkan aliran sesuai dengan beban panas yang berputar di dalam gedung.

Selanjutnya, kita akan berbicara tentang beberapa konfigurasi sistem air dingin yang berbeda.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *